11 Agustus 2017

Hari Kedua, Lomba Olahraga Tradisional Antar OPD Diisi Dagongan

Perwakilan tim putri OPD saat mengikuti perlombaan dagongan di aloon2 Blitar.

BLITAR - Serangkaian acara perlombaan dalam rangka memperingati HUT ke-72 tahun Republik Indonesia, telah disusun Pemerintah Kota Blitar. Setelah lomba baris-berbaris, kini Pemkot menggelar lomba permainan tradisional antar OPD.
Lomba dilaksanakan dua hari, Rabu (09/08) dan Kamis (10/08) di Aloon-Aloon Kota Blitar. Seperti yang diinformasikan reporter Debora Hana sebelumnya, pada hari pertama lomba terdiri dari lomba balap karung estafet putra, terompah atau bangkiak panjang untuk putra dan putri. Sementara para peserta merupakan perwakilan dari masing-masing OPD. Tri Iman Prasetyono Koordinator bidang lomba dan olahraga pada Kamis (10/08), menjelaskan bahwa sementara untuk perlombaan di hari kedua, lomba dagongan yang dikhususkan untuk peserta putri yang terdiri dari 23 grub.
Sesuai dengan peraturan lomba yang telah disampaikan panitia penyelenggara dalam upacara pembukaan, berat badan peserta dagongan dalam satu kelompok, jika diakumulasi tidak boleh lebih dari 300 kilogram. Tri Iman menambahkan, lomba permainan tradisional memang sudah menjadi agenda tahunan di Kota Blitar untuk memperingati hari kemerdekaan RI. Sesuai dengan aturan, bambu yang digunakan untuk perlombaan sepanjang 10 meter. Pria yang juga merupakan Plt. Kadin Kepemudaan dan Olahraga itu menuturkan, tujuan diadakannya lomba olahraga tradisional ini selain untuk memperingati hari ulang tahun RI, juga untuk menjaga dan melestarikan olahraga tradisional agar tidak punah di tengah perkembangan teknologi yang saat ini semakin canggih. Ia berharap dengan adanya lomba ini, bisa membuat antar pegawai di setiap OPD semakin kompak dan bisa bekerja sama dengan lebih baik lagi. Selain itu, ia juga berharap agar ke depannya jenis olahraga tradisional yang dilombakan bisa lebih dikembangkan ke permainan yang lebih kreatif dan beragam.
Pemenang lomba dagongan antar OPD di tahun ini untuk juara satu dan dua diraih tim dari Satpol PP kelompok B dan A. Sementara untuk juara tiga diraih tim Dinas Komunikasi Informatikan dan Statistik, Diskominfotik Kota Blitar.(vik)



Dibaca : 19













Close