11 Agustus 2017

SMKN 1 Raih Juara 3 Lomba Debat Bahasa Inggris SMK Tingkat Provinsi

BLITAR - SMK Negeri 1 Kota Blitar meraih juara tiga, saat mewakili Kota Blitar untuk mengikuti lomba debat Bahasa Inggris tingkat SMK se Jawa Timur, pada (31/07) hingga (02/08). Lomba diselenggarakan di Batu Malang.
Maria Magdalena Sucining guru pembimbing lomba debat pada Kamis (10/08), menjelaskan bahwa SMKN 1 Blitar atau yang dikenal dengan Smekensa, mewakili Kota Blitar maju ke lomba ini setelah sebelumnya menjuarai lomba yang sama di Kota Blitar. Lomba debat yang sebelumnya menjadi satu dengan Lomba Ketrampilan Siswaa atau LKS ini, diselenggarakan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur UPT Bina Prestasi. Tim debat di tahun ini berjumlah 28 kelompok yang mewakili kota dan kabupaten masing-masing di seluruh Jawa Timur. Menurut Magda, dalam satu kelompok lomba terdiri dari tiga siswa. SMKN 1 sendiri diwakili Debora Karen Hapuk Sitompul siswa kelas 12 TGB 1, Alife Sinedin Rizal 11 TKJ 1, dan Rudi Firmansyah 11 TKJ 2. Magda mengaku, ketiganya merupakan peserta Blitar English Society of Smekensa “BLESS”, ektrakulikuler Bahasa Inggris di Smekensa. Satu minggu sebelum perlombaan, mereka berlatih secara intensif dan tidak mengikuti mata pelajaran lainnya.
Lebih lanjut Magda menjelaskan, saat perebutan juara 3 dan 4, tim Smekensa berhadapan dengan tim dari SMK Negeri Surabaya dengan topik debat tentang Perpu Nomor 2 tahun 2017 yang berkaitan dengan Pembubaran Ormas. Madga yang merupakan Guru Bahasa Inggris kelas 1 dan 3 menambahkan, saat perlombaan, waktu yang diberikan panitia untuk berdiskusi sekitar 30 menit, sedangkan bagi masing-masing siswa dalam kelompok hanya sekitar tujuh menit untuk menyampaikan dan mempertahankan argumennya tentang topik yang dibahas. Magda mengatakan, tiga siswa yang mewakili Kota Blitar mengikuti lomba debat tingkat Pemprov ini, kedepannya memang akan dicetak menjadi debator. Ia berharap, selain untuk mengimprove Bahasa Inggris yang dimiliki, lomba seperti ini bisa membuat para siswa SMK lebih berwawasan luas dan kritis.(vik)



Dibaca : 50