10 Agustus 2017

TPA Kota Blitar Dinobatkan Sebagai TPA Percontohan

BLITAR - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kota Blitar yang terletak di lingkungan Ngegong Kelurahan Gedog Kota Blitar, tahun ini dinobatkan Oleh pemerintah pusat sebagai TPA percontohan untuk seluruh daerah di Jawa Timur.
Pande Ketut Suryadi, SH Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Blitar pada Rabu (09/08), mengatakan bahwa beberapa waktu yang lalu, TPA Kota Blitar menjadi jujugan program Training Of Trainer (TOT), yang diikuti sekitar 63 pimpinan OPD se Indonesia. Secara langsung melihat teknik operasional pengelolaan TPA.
Menurut Pande, sejak dioperasionalkannya TPA beberapa tahun yang lalu, sepenuhnya berpatokan pada Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditetapkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Semisal kondisi container selalu bersih, di area TPA dibangun taman, penyemprotan bau atau anti lalat secara rutin dan lain-lain. Sehingga keberadaan TPA tidak menjadi momok bagi masyarakat sekitar. Namun sebaliknya, mereka bisa mendapatkan manfaat. Dari tumpukan sampah di TPA bisa menghasilkan gas metan yang digunakan sebagai bahan bakar pengganti gas elpiji.
Namun demikian, Pande mengaku akan terus berbenah untuk melakukan penyempurnaan, sehingga ke depan TPA Kota Blitar Tidak hanya menjadi percontohan bagi daerah di Jawa Timur, namun juga bisa menjadi TPA terbaik  di Indonesia.(ram)



Dibaca : 33













Close