19 Mei 2017

Motivasi Para Ibu Tingkatkan Gizi Balita, Dinkes Gelar Lomba Balita Sehat

BLITAR - Sebagai rutinitas program tahunan, Dinas Kesehatan Kota Blitar menggelar lomba balita sehat. Bertempat di Balai Kota Kusumo Wicitro, Kamis (18/05). Kegiatan itu diikuti perwakilan dari tiap kelurahan, total peserta dari dua kategori yang dilombakan sebanyak 42 balita.
Dr. Dharma Setiawan, M.Mkes Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Blitar pada Kamis (18/05), mengatakan bahwa sebelumnya lomba yang sama telah digelar ditingkat kelurahan. Para pemenang dari tiap kategori menjadi wakil kelurahan dalam lomba tingkat kota. Adapun dua kategori penilaian, untuk balita usia 6 hingga 24 bulan dan bagi balita usia 25 bulan hingga 5 tahun. Masing-masing kategori diambil 6 terbaik. Diharapkan melalui pelaksanaan lomba bisa memotivasi para ibu, untuk meningkatkan status gizi balitanya, sehingga bisa menekan angka kematian balita di Kota Blitar.
Menurut Dharma, untuk parameter penilaian ditekankan pada pertumbuhan balita, dilihat dari kesesuaian usia dengan tinggi badan, berat badan dan panjang badan balita. Selain itu pada perkembangan anak dalam merespon lingkungan sekitar, kemampuan bersosialisasi dengan sebayanya. Selain itu pendidikan ibu dan penggunaan alat kontasepsi KB juga menjadi pertimbangan dalam penilaian. Terlibat sebagai tim juri para dokter spesialias anak dari RSUD Mardiwaluyo Kota Blitar, dari IDI, PPNI dan lain-lain.
Lomba balita sehat tahun 2017 terselenggara oleh Dinas Kesehatan bekerjasama dengan tim penggerak PKK Kota Blitar. Adapun pemenangnya untuk kategori balita usia 6-24 bulan, juara 1 hingga 3, secara berurutan Juro Rakesy Gauzhan dari Kelurahan Turi, Muhamad Dzulfan Yusuf Afandi Kelurahan Plosokerep, Kevin Prasetya Budi dari Kelurahan Karangtengah. Sementara untuk juara 1 hingga 3 kategori balita usia 25 bulan hingga 5 tahun, Almeera Maureen Pranata Kelurahan Sananwetan, Kahesang Ardani Dirgantara Kelurahan Pakunden, dan Kaychila Allena Zetba Prasetyo dari Kelurahan Gedog.(ram)



Dibaca : 12