20 Maret 2017

Siswa MTs Di Kota Blitar Raih Pemenang Lomba Impelementasi Budaya Baca

BLITAR – Penyelenggaraan Lomba Implementasi budaya baca yang menjadi rutinitas dari Pemkot Blitar melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Termasuk pada tahun 2017 ini, menjadi upaya untuk meningkatkan minat baca khususnya bagi para pelajar setingkat SMP.
Dra.Widiastutik, kabid Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Blitar pada Jum’at (17/03),  mengatakan bahwa dari sebanyak 25 lembaga sekolah setingkat SMP baik negeri maupun swasta dikota Blitar. 4 sekolah tidak mengirimkan pewakilan siswa-siswinya, untuk mengikuti lomba. Adapun total peserta dalam perlombaan itu sebanyak 52 siswa, setiap peserta diberikan kesempatan untuk membaca buku, kemudian merangkum dan selanjutnya mempresentasikan didepan tim juri. Meskipun judul buku tiap peserta berbeda, namun seluruhnya bertema kepahlawanan.
Menurut Widi, tahapan lomba yang dilaksanakan yaitu pada hari minggu pagi (12/03), tiap peserta mengambil nomor undian tampil sekaligus undian judul buku. Setelah itu masing-masing menerima buku, kemudian membaca dan meresum. Hasil rangkuman dikumpulkan, sementara buku dibawa pulang, dan baru tanggal 15 dan 16 maret 2017. Mereka secara bergiliran mempresentasikan hasil rangkuman buku sekaligus Tanya jawab dengan juri.
Dari sebanyak 52 peserta diambil 5 terbaik, yang secara keseluruhan berasal dari MTs. Diantaranya sebagai juara 1, Alfina Nur Istiqomah siswi MTsN 1 Blitar, juara 2 Muhamad Fillah Kurniawan siswa MTs Maarif NU, juara 3-M.Elga Johan Prasetyo siswa MTsN 1 Blitar, juara 4-Ahmad Taufik Hidayat-siswa MTs Maarif NU dan juara 5 Jamilaturrosyidah-siswi MTsN 1 Blitar. Masing –masing mendapatkan hadiah berupa tropi-piagam dan uang pembinaan.(ram)



Dibaca : 46