20 Maret 2017

Dewan Kesenian Berupaya Kembalikan Minat Generasi Muda Geluti Kesenian Wayang Kulit

BLITAR - Beragam usaha dilakukan berbagai pihak untuk mempertahankan kesenian tradisional agar dapat terus tumbuh dan makin diminati oleh generasi muda saat ini. Seperti halnya Dewan Kesenian Kota Blitar yang terus berupaya membangkitkan kembali minat generasi muda untuk mau menggeluti dan menikmati kesenian wayang kulit.
Andreas Edison Ketua Dewan Kesenian Kota Blitar pada Jum’at (17/03), mengatakan bahwa berdasarkan pengamatannya saat ini, kesenian tradisional wayang kulit hanya diminati oleh kalangan orang lanjut usia saja. Menurut Andreas, kesenian ini kurang diminati kalangan muda karena durasi yang sangat panjang .Dirinya mencontohkan ,untuk satu kali pertunjukan wayang kulit digelar menghabiskan waktu hingga 7 jam mulai dari malam hingga menjelang matahari terbit. Andreas mengaku kesenian merupakan hal yang dinamis, sehingga Dewan Kesenian akan memfasilitasi seniman wayang kulit di Kota Blitar agar bisa melakukan inovasi untuk menarik minat generasi muda.
Andreas menambahkan, jika wayang kulit bisa dikemas lebih kreatif dan menarik serta dipersingkat durasinya tentunya minat kalangan muda bisa lebih meningkat.(sar)



Dibaca : 18